PENERAPAN METODE BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SD NEGERI 139 TAMPAPUTEKECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA

HASLINDA RAHIM (2023) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SD NEGERI 139 TAMPAPUTEKECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
JUDUL, DAFTAR ISI, DLL.docx

Download (132kB)
[img] Text
BAB I-III.docx

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (13MB)

Abstract

Haslinda Rahim, 2016. Penerapan Metode Brainstorming (Curah Pendapat) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 139 Tampapute Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode brainstorming (curah pendapat) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 139 Tampapute Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode brainstorming (curah pendapat) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 139 Tampapute Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah metode brainstorming (curah pendapat) dan hasil belajar IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 139 Tampapute Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 139 Tampapute Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja dilihat dari hasil penelitian pada siklus I yang berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik . Hal ini dapat pula dilihat dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yaitu terjadi perbaikan dari setiap siklusnya. Pada siklus I menunjukkan hasil observasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup. Setelah dilaksanakan siklus II pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa meningkat menjadi baik. Dengan demikian penerapan metode brainstorming (curah pendapat) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 139 Tampapute Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:37
Last Modified: 12 Jul 2023 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32857

Actions (login required)

View Item View Item