PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I A SDN MANNURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

HAMNA (2023) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I A SDN MANNURUKI KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PERSEMBAHAN SKRIPSI.docx

Download (97kB)
[img] Text
SKRIPSI HANNA.docx

Download (12MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (58kB)

Abstract

HAMNA, 2016. Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I A SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Hj. Nurhaedah., S.Pd., M.Hum dan Farida Febriati., S.S., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil membaca permulaan siswa kelas I A SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I A SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui penerapan metode SAS pada siswa kelas I A SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian yaitu proses dan hasil belajar. Adapun yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa kelas I A SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 32 orang. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan dalam membaca permulaan siswa. Sesuai hasil pratindakan, aktivitas mengajar guru berada dalam kategori baik sedangkan aktivitas belajar siswa dengan kategori cukup. Siklus I pertemuan I, aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik, sedangkan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup. Siklus I pertemuan II, aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup. Sementara pada siklus II pertemuan I, aktivitas mengajar guru berada dalam kategori baik dan aktivitas belajar siswa juga dalam kategori baik. Siklus II pertemuan II, aktivitas mengajar guru dalam kategori baik dan aktivitas belajar siswa juga dengan kategori baik. Adapun peningkatan nilai rata- rata hasil membaca permulaan siswa, pada pratindakan berada dalam kategori cukup, siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II juga dalam kategori baik dan peningkatannya jauh lebih baik dari sebelumnya (tuntas secara klasikal). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I A SDN Mannuruki Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:16
Last Modified: 12 Jul 2023 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32856

Actions (login required)

View Item View Item