PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (BERTANYA)DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID KELAS IV SD INPRES JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

AJENG FITRIANINGRUM (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (BERTANYA)DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID KELAS IV SD INPRES JONGAYA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul%20utama%20ajeng.docx

Download (18kB)
[img] Text
halaman%20sampul%20kedua%20asli%20ajeng.docx

Download (46kB)
[img] Text
file revisi skripsi asli revisi terbaru bertanya-3.docx

Download (1MB)

Abstract

Ajeng Fitrianingrum. 2016. Penerapan pendekatan kontekstual (betanya) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd,. M.Pd dan Muhammad Irfan, S.Pd,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual (bertanya) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada murid di kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual (bertanya) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika pendekatan kontekstual (bertanya) di terapkan pada mata pelajaran IPA maka hasil belajar murid kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau guru yang mengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan kontekstual (bertanya) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Inpres Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:05
Last Modified: 12 Jul 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32853

Actions (login required)

View Item View Item