PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWKELAS I SD INPRES MACCINIAYO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

INTAN DWI PUSPITA SARI (2023) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWKELAS I SD INPRES MACCINIAYO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (94kB)
[img] Text
skripsi BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
skripsi Bab II.docx

Download (81kB)
[img] Text
skripsi Bab iii.docx

Download (130kB)
[img] Text
RPP FULL.docx

Download (20MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Intan Dwi Puspita Sari. 2016. Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd dan Dr. Ansar, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yakni rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas I. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media Big Book pada siswa kelas I SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? (2) Bagaimana penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? Adapun penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan Big Book pada siswa kelas I SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas I SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni: (1) Penggunaan media Big Book (2) Kemampuan membaca permulaan. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 20 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, hasil membaca dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup, siklus II menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus II menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I dinyatakan tidak tuntas dan pada siklus II dinyatakan tuntas, dengan demikian melalui penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:30
Last Modified: 12 Jul 2023 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32848

Actions (login required)

View Item View Item