Penerapan Konseling SFBC (Solution Focused Brief Counseling) Untuk MenurunkanPerilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Enrekang

NUR AZIZA (2023) Penerapan Konseling SFBC (Solution Focused Brief Counseling) Untuk MenurunkanPerilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Enrekang.

[img] Text
jurnal Nur Aziza.pdf

Download (628kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaranperilaku prokrastinasi akademik siswa. 2) Mengetahui pelaksanaan konseling SFBC. 3) Mengetahui penerapan konseling SFBC dapatmenurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Desain ekperimen yang digunakan adalah Non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 32 siswadan sampel penelitian sebesar 16 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 8siswa. Penarikan sampel dengan teknik proportionate strafied random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument skala prokrastinasi akademik dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametric yaitu uji t-test independent. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tingkat prokrastinasi akademik siswa saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategoritinggi. Pada saat posttest, tingkat prokrastinasi akademik siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan ke kategori rendah, dan kelompok kontrol tetap berada pada kategori tinggi. 2) Pelaksanaan konseling kelompok dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancangmelalui empat kali pertemuan yaitu membangun hubungan baik dan identifikasi masalah, penetapan tujuan yang ingin dicapai dengan teknik miracle question, menguatkan perilaku baru dan mendorong perubahan melalui teknik exception question , dan melalukan analisis perubahanperilaku yang dialami, terminasi dan melakukan evaluasi. 3) Ada perbedaan signifikan perilaku prokrastinasi akademik siswa pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa konseling SFBC. Berdasarkan analisis data, diketahuiterdapat penurunan tingkat prokrastinasi akademik setelah dilaksanakan konseling kelompok SFBC dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari nilai α0,05 (0,000≤0,05) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu didapatkan nilai rata-rata gain score prokrastinasi akademikpada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 33 dan kelompok kontrol 3,12. Artinya penerapan konseling SFBC dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Enrekang. Kata Kunci: SFBC (Solution Focused Brief Counseling), prokrastinasi akademik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:10
Last Modified: 10 Jul 2023 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item