Tuski, Tuski and Muhammad, Syahrir and Sugiarti, Sugiarti (2023) Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Chemedu, 4 (1). pp. 1-11. ISSN 2808-1218
Text
Jurnal_Efektifitas Model DL.pdf Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (materi pokok reaksi redoks). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar dari rata-rata sebelum perlakuan yaitu 46 meningkat menjadi 71 dengan rata-rata gain ternormalisasi 0,67 yang artinya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang setelah menggunakan model discovery learning berada pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu sampel diperoleh thitung = 4,152 lebih besar dari ttabel = 1.699 pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (materi pokok reaksi redoks).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, hasil belajar, Reaksi redoks |
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Syahrir G |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:10 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32765 |
Actions (login required)
View Item |