Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi)

Tuski, Tuski and Muhammad, Syahrir and Sugiarti, Sugiarti (2023) Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Chemedu, 4 (1). pp. 1-11. ISSN 2808-1218

[img] Text
Jurnal_Efektifitas Model DL.pdf

Download (447kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/ChemEdu/article/view/27785

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (materi pokok reaksi redoks). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar dari rata-rata sebelum perlakuan yaitu 46 meningkat menjadi 71 dengan rata-rata gain ternormalisasi 0,67 yang artinya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang setelah menggunakan model discovery learning berada pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu sampel diperoleh thitung = 4,152 lebih besar dari ttabel = 1.699 pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pinrang (materi pokok reaksi redoks).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, hasil belajar, Reaksi redoks
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Syahrir G
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:10
Last Modified: 10 Jul 2023 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32765

Actions (login required)

View Item View Item