Hardianti, Hardianti and Muhammad, Anwar and Muhammad, Syahrir (2022) Pengaruh Permainan Truth Or Dare Pada Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang (Studi pada Materi Pokok Termokimia). Chemedu, 3 (2). pp. 38-47. ISSN 2808-1218
Text
Jurnal_Pengaruh Truth or Dare menggunakan Model DL.pdf Download (925kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan truth or dare pada model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang pada materi termokimia. Penelitian ini dilakukan secara daring. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dimana kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 26 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 27 orang. Teknik pengumpulan data adalah pemberian tes akhir hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control berturut turut sebesar 76,65 dan 63,46. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney menunjukkan bahwa Zhitung (α ,0,05) = 3,156 lebih besar dibanding Ztabel (α ,0,05) = 1,64. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan truth or dare pada model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Pinrang pada materi pokok termokimia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Truth or dare, problem based learning, hasil belajar |
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Syahrir G |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:10 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32764 |
Actions (login required)
View Item |