PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 12 BULUKUMBA (Pokok Bahasan Menganalisis Sistem Hukum dan Peradilan Internasional)

Rusman, Muhammad (2016) PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 12 BULUKUMBA (Pokok Bahasan Menganalisis Sistem Hukum dan Peradilan Internasional). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL TESIS M. RUSMAN (2).docx

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Metode belajar kelompok dengan tutor sebaya adalah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara kelompok untuk belajar bersama memecahkan suatu masalah dalam suatu materi pembelajaran. Namun bagaimana cara agar dengan metode ini siswa memiliki peran aktif, motivasi, respon, minat dan hasil belajar yang lebih baik. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Apakah penerapan metode belajar kelompok dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 12 Bulukumba? (ii) Bagaimana aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung? (iii) Bagaimana minat belajar siswa setelah penerapan metode belajar kelompok dengan tutor sebaya? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui dan menganalisis apakah penerapan metode belajar kelompok dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas XI IPA 2SMA Negeri 12 Bulukumba; (ii) untuk mengetahui dan menganalisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung; (iii) untuk mengetahu dan menganalisis minat belajar siswa setelah penerapan metode belajar kelompok dengan tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatitf dengan teknik pengumpulan data melalui test hasil belajar, analisis angket, dan observasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penerapan metode belajar kelompok dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas XI IPA 2SMA Negeri 12 Bulukumba menjadi lebih baik; (ii) aktivitas belajar siswa lebih meningkat; dan (iii) minat belajar siswa juga lebih meningkat. Kata Kunci: belajar kelompok, tutor sebaya, kemampuan memecahkan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions:
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:12
Last Modified: 19 Oct 2017 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3265

Actions (login required)

View Item View Item