Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving -Heuristik Terhadap Pengetahuan Prosedural

Dassa, Awi and Talib, Ahmad and -, Andi Sri Hardiana (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving -Heuristik Terhadap Pengetahuan Prosedural. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving -Heuristik Terhadap Pengetahuan Prosedural, 2 (1). pp. 1-10. ISSN 26858592

[img] Text
9476-22040-1-SM.pdf

Download (272kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9476/5465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan kriteria yaitu pengetahuan prosedural, aktivitas siswa dan respon siswa. Sampel dipilih secara acak dari populasi sebanyak satu kelas dari lima kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Wajo tahun ajaran 2017/2018 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman awal (pretest) pada pertemuan awal dan tes pengetahuan prosedural (posttest) pada pertemuan akhir, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif diperoleh, 1) Peningkatan prestasi belajar ditinjau dari skor gain ternormalisasi diperoleh rata-rata sebesar 0,6704 dengan standar deviasi 0,21822, 2) Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik dengan rerata 3,85, 3) Hasil observasi aktivitas siswa berada pada rata-rata 95%, dan 4) Peningkatan pengetahuan prosedural siswa ditinjau melalui skor gain ternormalisasi mencapai rata-rata sebesar 0,6704 berada pada kategori sedang. Secara inferensial diperoleh 1) Pengujian hipotesis untuk pengetahuan prosedural diperoleh nilai ttabel = 2,080, α = 0,05 dan thitung = 20,761, dan 2) Pengujian hipotesis untuk gain ternormalisasi diperoleh thitung = 14,409. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial maka disimpulkan bahwa model pembelajaran LAPS-Heuristik efektif dalam pembelajaran matematika pokok bahasan garis singgung persekutuan dua lingkaran.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 30 Jun 2023 07:08
Last Modified: 30 Jun 2023 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32603

Actions (login required)

View Item View Item