Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan PISA 2018

Hidayat, Zulfiki and Djam’an, Nurwati and Arwadi, Fajar (2023) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan PISA 2018. Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan PISA 2018, 7 (1). pp. 81-91. ISSN 26858592

[img] Text
Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan PISA 2018.pdf

Download (338kB)
Official URL: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/35...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan literasi matematika siswa Indonesia berdasarkan PISA 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Indonesia yang mengikuti survei PISA 2018 sebanyak 12098 data siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka. Data dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel perundungan, ketidakhadiran dan keterlambatan siswa, kompetisi, kerja sama, dan rasa memiliki sekolah secara terpisah terhadap kemampuan literasi matematika. Sedangkan, untuk variabel perilaku guru dan partisipasi orang tua, keduanya secara terpisah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematika. Lingkungan sekolah secara keseluruhan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan literasi matematika siswa Indonesia berdasarkan PISA 2018.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 29 Jun 2023 09:18
Last Modified: 29 Jun 2023 09:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item