Pengembangan Desain Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk Memfasilitasi Aktivitas Mahasiswa dalam Proses Perkulihan Teori Grup

Suradi Tahmir, - and Djam’an, Nurwati (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk Memfasilitasi Aktivitas Mahasiswa dalam Proses Perkulihan Teori Grup. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Akhir Penelitian PNBP Majelis Professor.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review_Pengembangan Desain Pembelajaran TPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendesain pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) untuk memfasilitasi aktivitas mahasiswa dalam proses perkulihan teori grup. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Matematika FMIPA UNM semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Banyaknya mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah adalah 35 orang yang dipilih dari mahasiswa yang mengikuti mata kuliah teori grup. Instrumen penelitian, adalah: (1) kusioner keterlaksanaan desain pembelajaran; (2) kusioner aktivitas mahasiswa mengikuti perkuliahan; dan (3) tes kemampuan menyelesaikan soal pembuktian tentang grup. Data penelitian terdiri dari data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, dan data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner dan tes. Hasil analisis kualitatif diperoleh desain pembelajaran TPS dengan tahapan: (1) Persiapan: analisis kurikulum, siswa, dan materi; (2) Pendahuluan: apersepsi, menyampaikan tujuan, dan motivasi; (3) Kegiatan Inti: menyampaian materi, bekerja kelompok (Think-Pair-Share); (4) Penutup: penugasan proyek; dan dan (5) Evaluasi: yang dilakukan pada tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Desain pembelajaran TPS tersebut, dapat memfasilitasi aktivitas mahasiswa (yang berkaitan kognitif, afektif, dan prilaku) secara aktif dalam proses pembelajaran teori grup. Sedangkan hasil analisis kuantitatif menujukkan, bahwa rata-rata pencapaian akademik mahasiswa berada dalam kategori sedang, dan pencapaian prestasi akademik tinggi dan sangat tinggi mencapai 42,4%. Namun demikian masih ada 25,7% mahasiswa yang pencapaian akademiknya masih barada dalam kategori kurang.

Item Type: Other
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:18
Last Modified: 30 Jun 2023 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32375

Actions (login required)

View Item View Item