Pengembangan Three Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VII tentang Topik Matematika

Djam’an, Nurwati and Suradi Tahmir, - and Arsyad, Nurdin (2018) Pengembangan Three Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VII tentang Topik Matematika. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
Laporan_Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran Struktur Aljabar.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Peer Review_Pengembangan Three Tier.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan dan penggunaan instrumen diagnostik three-tier test untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dalam aljabar. Tes diagnostik three tier dikembangkan menggunakan kerangka teoritis oleh Treagust. Tingkat pertama menilai pengetahuan konten, ditingkat kedua, alasan dipilih untuk jawaban konten, dan tingkat ketiga memungkinkan siswa untuk memilih seberapa yakin mereka dalam jawaban mereka untuk dua tingkatan pertama. Instrumen terakhir terdiri dari 10 item. Pengembangan instrumen dilakukan pada SMP kelas 7 yang memiliki akreditasi A, B, dan C di Sulawesi Selatan. Instrumen diagnostik three tier test yang digunakan dalam penelitian ini telah dinilai dalam hal validitas dan reliabilitas. Berdasarkan tes diagnostik pada 167 siswa menunjukkan bahwa kategori paham materi 20,4 %, sebesar 53,5% kategori miskonsepsi dan kategori tidak paham 26,1%. Secara umum kesalahan dan miskonsepsi yang berkaitan dengan bidang aljabar dalam penelitian ini yakni: siswa tidak memiliki pemahaman yang relevan tentang definisi derajat variabel, variabel, koefisien, dan konstanta. Siswa cenderung memiliki miskonsepsi dalam mengubah masalah menjadi model matematika. Kesalahpahaman yang paling mendasar di sekitarkonsep pertidaksamaan adalah siswa kurang pengetahuan dalam menerjemahkan kata-kata seperti sedikitnya atau tidak lebih dari ke dalam simbol matematika menggunakan pertidaksamaan

Item Type: Other
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 30 Jun 2023 04:17
Last Modified: 30 Jun 2023 04:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item