PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASISKOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEMADUKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN SAINTIFIK BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN

Handayani, Yuyun (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASISKOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEMADUKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN SAINTIFIK BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINJAI SELATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(7) JURNAL YUYUN HANDAYANI.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan memadukan pendekatan kontekstual dan saintifik. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah RPP, Buku Siswa dan LKS untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Sinjai Selatan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4_D yang terdiri atas tahap pendefenisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran.Perangkat pembelajarn yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penelilaian berada pada kategori valid dan 2 orang observer dengan hasil penilaian kategori baik. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 6 Sinjai Selatan denagan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Dari hasil analisis pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan memadukan pendekatan kontekstual dan saintifik memenuhi kriteria praktis dan berada dalam kategori baik. Dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yakni:1) hasil belajar ≥ nilai KKMyaitu 67 dan ketuntasan klasikal mencapai 84 % dari yang dipersyaratkan 84%, 2) aktivitas siswa juga berjalan dengan kategori baik serta 3) respon siswa berada pada kategori positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan memadukan pendekatan kontekstual dan saintifik memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci:Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Saintifik,Kooperatif Tipe STAD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:10
Last Modified: 18 Oct 2017 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item