KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAN 5 PAREPARE.

Hikmah, Nurul (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAN 5 PAREPARE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Nurul Hikmah.docx

Download (78kB)

ABSTRAK TujuanPenelitianialah; (1) mendeskripsikankemampuanmenulistekseksposisisiswakelas X SMAN 5 Pareparemelalui model pembelajarankonvensional (CeramahdanPenugasan), (2) mendeskripsikankemampuanmenulistekseksposisisiswakelas X SMAN 5 Pareparemelaluipenerapan model pembelajaranberbasismasalah(problem based learning), dan (3) membuktikankeefektifan model pembelajaranberbasismasalah(problem based learing) dalammenulistekseksposisisiswakelas X SMAN 5 Parepare. Model penelitian yang digunakanialahquasi eksperimen (eksperimensemu) denganbentuknonequivalent control group design. Populasipenelitianialah 50 orang siswakelas X SMAN 5 Parepare, masing-masingterbagimenjadi 25 orang siswapadakelas X.3 dan 25 orang siswapadakelas X.4. Pengambilansampelpenelitianmenggunakanteknikpurposive sampling, yaknisebuahteknik yang mengacupadapertimbangankhusus (waktu, tenaga, dandana). Teknik yang digunakanuntukmengumpulkan data ialahtestertulis. Data yang terkumpuldianalisisdenganmenggunakanteknikstatistikdeskriptifdanstatistikinferensial. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapengajaranmenulistekseksposisipadasiswakelas X SMAN 5 Pareparedenganmenerapkan model pembelajaranberbasismasalah(problem based learnging) dikategorikanefektif. Dari hasilanalisisdeskriptifdiketahuibahwaperolehannilai rata-rata posteskelaseksperimenialah 66,52 (72%), sedangkanperolehannilai rata-rata posteskelaskontrolialah 76,28 (96%). Hasil uji hipotesis (uji-t) jenis uji-t independent sample test, diperoleh nilai t hitung= 7,872 dibandingkan dengan t tabelsebesar 2,02 atau t hitung> t tabel. Berdasarkan kaidah yang digunakan bahwa, hipotesis alternatif (H1) dinyatakan diterima jika nilai t hitung ≥ nilai t tabel, dan sebaliknya bahwa H1 ditolak jika t hitung< nilai t tabel dengan taraf signifikan 0,05%. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas kontrol melalui model pembelajaran konvensional (ceramah dan penugasan) dengan kelas eksperimen melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Model pembelajaran berbasis masalah (prolem based learning) hendaknya dilirik sebagai alernatif metodologi pembelajaran. Kata Kunci: Menulis Teks Eksposisi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Pengajaran Teks Eksposisi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Oct 2017 05:58
Last Modified: 18 Oct 2017 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item View Item