Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kewarganegaraan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Djam’an, Nurwati and Sappaile, Baso Intang and Talib, Ahmad (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kewarganegaraan dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian_Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kewarganegaraan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review_Pengembangan Perangkat Pembelajaran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dan menyelidiki efektivitas implementasi pembelajaran matematika berbasis kewarganegaraan dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di kelas VII SMP. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini memungkinkan siswa melihat isu-isu dalam konteks sosial dan mengaitkannya dengan matematika. Penelitian ini melibatkan satu guru partisipan dan siswa kelas 7 semester 1. Masalah penelitian yang diinvestigasi dalam penelitian ini adalah: Apakah implementasi pendekatan PMRI yang berbasis kewarganegaraan efektif dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP?; Dalam penelitian ini, action research dan mixed methods sebagai metodologi. Hasil yang diperoleh dari implementasi PMRI yang berbasis kewarganegaraan yakni dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang berdampak pada peningkatan prestasi matematika siswa. Hasil tes kemampuan menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 65.24 dengan persentase ketuntasan sebesar 64% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 78.6 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%. Selain itu, Dengan merancang bahan-bahan yang menghubungkan pendidikan matematika dengan pendidikan kewarganegaraan, berdasarkan atas dasar interdisipliner, penelitian ini memberikan contoh penting baru tentang pengalihan peran matematika. Dalam studi ini, pendidikan matematika dialokasikan perannya dalam usaha membangun masyarakat demokratis.

Item Type: Other
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 28 Jun 2023 10:33
Last Modified: 28 Jun 2023 14:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32190

Actions (login required)

View Item View Item