Nurhayati, Nurhayati and St, Syahirah and Lodang, Hamka and Abdul, Hadis (2022) Inovasi Pembelajaran Biologi Melalui Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk SMA. Jurnal Biology Science & Education, 11 (1). pp. 19-30. ISSN 2541-1225
Text (Artikel)
2592-7341-2-PB.pdf Download (226kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan inovasi dalam pembelajaran biologi yang bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains terkhusus pada materi Sistem Pencernaan Manusia kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE ((Analyze, Design, Development, Implement, & Evaluate). Produk yang yang telah dikembangkan dinilai oleh dua validator ahli kemudian dilakukan uji coba kepraktisan didasarkan pada respon guru dan peserta didik. Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik yang telah dikembangkan ini dilakukan dengan cara uji coba terbatas di SMAN 3 Makassar, SMAN 11 Makassar dan SMAN 16 Makassar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains yang telah dikembangkan dari hasil uji validasi berada pada kategori valid dan hasil uji coba kepraktisan dari respon guru berada pada kategori praktis serta respon peserta didik berada pada kategori sangat praktis. Oleh sebab itu penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains ini merupakan inovasi dalam pembelajaran Biologi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berbasis keterampilan proses sains SMA yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan sangat praktis, dan merupakan inovasi dalam pembelajaran Biologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1) FMIPA ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Dr Muhiddin Palennari |
Date Deposited: | 28 Jun 2023 02:26 |
Last Modified: | 28 Jun 2023 02:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32180 |
Actions (login required)
View Item |