ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM)

Djam’an, Nurwati and Sappaile, Baso Intang and Talib, Ahmad (2022) ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM). Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian_ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM).pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kebijakan dari program Merdeka Belajar adalah meniadakan Ujian Nasional (UN) dan penilaian digantikan dengan Asesmen Nasional (AN) meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei karakter, serta Survei lingkungan belajar. AKM digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif meliputi literasi membaca dan literasi numerasi. Hingga saat ini penelitian terkait numerasi masih sangat kurang. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan test melalui penyebaran angket, tes literasi numerasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan literasi numerasi berbasis AKM siswa kelas VIII SMP Tunas Harapan Malaka masih berada pada kategori sangat rendah. Data hasil angket mengenai pemahaman mengenai istilah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) menyatakan bahwa 33.3% paham (7 responden), 23.8% tidak paham (5 responden), dan 42.9% ragu (9 responden). Selain itu, Guru belum mempersiapkan secara maksimal pembelajaran mengarah ke persiapan asesmen Kompetensi Minimum.

Item Type: Other
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 28 Jun 2023 02:26
Last Modified: 28 Jun 2023 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32177

Actions (login required)

View Item View Item