Hasil Belajar Peserta Didik yang dibelajarkan dengan Metode Question Student Have dan Learning Stars With Aquestion pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA Negeri 3 Bone

Novira, Aulya and Lodang, Hamka and Abd, Muis (2022) Hasil Belajar Peserta Didik yang dibelajarkan dengan Metode Question Student Have dan Learning Stars With Aquestion pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA Negeri 3 Bone. Biology Teaching and Learning, 5 (1). pp. 51-59. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
34308-84854-1-PB.pdf

Download (977kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/34308

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar antara peserta didik yang dibelajarkan dengan menerapkan metode pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) pada materi sistem gerak kelas XI SMA Negeri 3 Bone. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bone pada tahun ajaran 2020/2021, yang terdiri tujuh rombongan belajar (rombel). Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Bone yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitian ini (purposive sampling). Desain penelitian ini adalah pretest-postest comparison group design. Pengukuran hasil belajar dengan memberikan tes hasil belajar. Rata- rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan metode QSH adalah 23,11 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan metode LSQ adalah 31,89. Hasil uji statistik dengan menggunakan metode analisis Mann Whitney Test diperoleh Asymp.sig. (2-tailed) = 0,04 < 0,05, sehingga dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara peserta didik yang diberikan metode Question Student Have dengan metode Learning Starts With A Question pada materi sistem gerak, di mana hasil belajar dengan metode LSQ lebih baik diterapkan dibandingkan dengan QSH.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 02:18
Last Modified: 28 Jun 2023 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32176

Actions (login required)

View Item View Item