Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar

Rusnandar, Asrul Mara and Syamsiah, Syamsiah and Lodang, Hamka (2019) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar. Biology Teaching and Learning, 4 (2). pp. 92-101. ISSN ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
25882-63605-1-PB.pdf

Download (369kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/25882/13072

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 7 Takalar. Pengambilan data dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2018/2019. Data penelitian yang dikumpulkan ada dua, yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa. Kegiatan belajar peserta didik dikumpulkan selama proses pembelajaran diamati oleh dua pengamat menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui pemberian tes evaluasi yang dilakukan pada pertemuan ketiga setiap akhir siklus, tes akhir siklus yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 (dua puluh) butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan 2 cara, yaitu analisis kualitatif untuk aktivitas belajar peserta didik dan analisis kuantitatif untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa menunjukkan rata-rata pada siklus I sebesar 64,24% dan pada siklus II sebesar 70,96%, meningkat sebesar 6,72%. Hasil belajar juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata 70,16% pada siklus I dan nilai rata-rata 79,84% pada siklus II. Melalui analisis kuantitatif diketahui bahwa kategori ketuntasan siswa dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 64,52% dan pada siklus II mencapai 83,87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif; Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 28 Jun 2023 01:59
Last Modified: 28 Jun 2023 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32173

Actions (login required)

View Item View Item