Efektivitas Perkuliahan Daring di Jurusan Matematika FMIPA UNM selama Pandemi Covid 19

Djam’an, Nurwati and Arsyad, Nurdin and -, Rosidah (2021) Efektivitas Perkuliahan Daring di Jurusan Matematika FMIPA UNM selama Pandemi Covid 19. Universitas Negeri Makassar. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian_Efektivitas Perkuliahan Daring di Jurusan Matematika FMIPA UNM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review_Efektivitas Perkuliahan Daring di Jurusan Matematika FMIPA UNM selama.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran efektivitas perkuliahan online di Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar selama masa pandemi Covid-19, ditinjau dari praktik mengajar online dosen, prestasi belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa. Peneliti menggunakan metodologi kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, angket, dan wawancara. Subyek penelitian terdiri dari 10 dosen dan 240 mahasiswa semester II, IV, dan VI tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa sangat cepat beradaptasi dengan perubahan baru dengan memadukan platform sinkron dan asinkron, dan metode penilaian yang dilaksanakan disesuaikan dengan pembelajaran online. Apalagi sistem LMS sudah diterapkan di Universitas Negeri Makassar dan juga sudah diwajibkan bagi dosen untuk diterapkan dalam perkuliahan sehari-hari. Sistem ini memungkinkan dosen untuk melacak kemajuan, kinerja, dan kehadiran mahasiswa. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemi covid-19, alternatif lain praktik pembelajaran yang diterapkan oleh dosen yaitu: Zoom, WhatsApp, Google Classroom, YouTube, dan email. Hasil penelitian juga menunjukkan kesamaan persepsi yang menarik dari dosen terhadap media online seperti akses ke konten pembelajaran dan manajemen dapat kapan saja dan di mana saja. Juga, gaya mengajar mereka disesuaikan dengan baik dengan lingkungan online. Media pembelajaran online yang paling efektif menurut dosen dan mahasiswa adalah Zoom. Sedangkan kendala yang dihadapi mahasiswa dan dosen adalah jaringan internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92% mahasiswa melulusi mata kuliah mereka. Rata-rata persentase ketuntasan belajar mahasiswa mata kuliah Profesi keguruan, struktur aljabar lanjut, Matematika pasar modal, media pembelajaran virtual, pembelajaran STEM, dan Geometri dasar, dan Matematika Sekolah Menengah dan Pembelajarannya, dan Kalkulus Integral sebesar 89.16 dengan tingkat keefektifan cukup efektif. Temuan menunjukkan bahwa, sementara mahasiswa menghadapi tantangan dalam kuliah online, persepsi mahasiswa tampaknya positif meski banyak kendala terkait teknologi, pedagogi, dan psikologi. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa lingkungan pembelajaran online memberikan tantangan-tantangan yang dapat memungkinkan dosen matematika untuk merefleksikan kembali praktik mengajarnya.

Item Type: Other
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 28 Jun 2023 00:35
Last Modified: 29 Jun 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32142

Actions (login required)

View Item View Item