PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X APAT SMKN 1 CIASEM

Pitriani, Peni and Parenrengi, Syafiuddin and Linta Tune, Iskandar (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X APAT SMKN 1 CIASEM. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 2 (1). ISSN 2809-4794

[img] Text
Jurnal Nasional-Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Sis.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/progresif/article/view/30074

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) SMKN 1 Ciasem. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan indikator penilaian perilaku santun, kerja sama, rasa ingin tahu, dan komunikatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X APAT pada mata pelajaran Dasar- dasar Budidaya Perikanan. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada saat diskusi dan presentasi. Hasil skor rata-rata keaktifan siswa dari semua indikator pada siklus 1 sampai siklus 3 mengalami peningkatan. Hasil menunjukan skor rata-rata dari semua indikator pada siklus 1 sebesar 2,46 dengan kriteria cukup, pada siklus 2 skor menjadi 3,00 dengan kriteria baik, dan pada kegiatan pembelajaran siklus 3, skor rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 3,36 dengan kriteria baik

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr.Eng. Ir ismail rahim
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:04
Last Modified: 27 Jun 2023 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31952

Actions (login required)

View Item View Item