Supryanto Edwar Hs (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SD Negeri NO.90 Matumpu Kabupaten Sinjai.
Text
sampul.docx Download (35kB) |
|
Text
hal. depan ed.docx Download (43kB) |
|
Text
Hasil.docx Download (122kB) |
|
Text
lampiran hasil.docx Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan danpenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajarBahasaIndonesiapadamuridkelasV.Masalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasilbelajarBahasa Indonesia pada murid kelas V SD Negeri No.90 MatumpuKab.Sinjai? Tujuanpenelitianiniadalahuntuk meningkatkan hasilbelajarBahasa Indonesia padamurid kelas V melalui strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada murid kelasV SD Negeri No. 90 MatumpuKab.Sinjai, pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang bersiklusyaitumeliputiperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Adapun yang menjadisubjekpenelitianadalahmuridkelas V SDNegeriNo.90 MatumpuKabupatenSinjaidenganjumlahmurid 15 orang danhasilbelajar Bahasa Indonesia denganmaterimembandingkanisiduateksbacaan. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, tes, dandokumentasi. Analisis data yang digunakanadalahkualitatifdankuantitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatandalampembelajaran, baikpadaaktivitas guru danmuridmaupunkemampuanmembacapemahamanmurid. Peningkatanitudapatdilihatdarisetiapsiklus. Kesimpulanpenelitianiniadalahstrategi PQ4R dapatmeningkatkanhasilbelajar Bahasa Indonesia padamurid SD NegeriNo. 90 MatumpuKab.Sinjai.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 03:35 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 03:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31951 |
Actions (login required)
View Item |