EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 26 ROMPE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI

Nurul Azmi (2023) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 26 ROMPE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
Halaman sampul dll azmi-2.docx

Download (57kB)
[img] Text
file skripsi asli terbaru azmi-3.docx

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah efektifitas model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 26 Rompe Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 26 Rompe Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah efektifitas model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori tidak tuntas sedangkan siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa efektifitas model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 26 Rompe Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:03
Last Modified: 27 Jun 2023 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31912

Actions (login required)

View Item View Item