Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakukang Kota Makassar

IIS DWIYANTI (2023) Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
SKRIPSI ACC IIS.docx

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakukang Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas V SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran eksperimen dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru 1 dan siswa 36 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas V SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:48
Last Modified: 27 Jun 2023 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31903

Actions (login required)

View Item View Item