Strategi Dosen dalam Mengajarkan Kemampuan Menulis: Study Deskriptif tentang Strategi Dosen pada Mahasiswa Semester 5 di IAIN Palopo

SAPUTRA, TRI ENDAR YOGI SETIADI (2016) Strategi Dosen dalam Mengajarkan Kemampuan Menulis: Study Deskriptif tentang Strategi Dosen pada Mahasiswa Semester 5 di IAIN Palopo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
CHAPTER I.docx

Download (21kB)
[img] Text
CHAPTER V.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRACT TRI ENDAR YOGI SETIADI SAPUTRA. 2016 “Lecturers’ Strategies in Teaching Writing: A Descriptive Study of Lecturers’ Strategies at the Fifth Semester Students of IAIN Palopo” (supervised by Baso Jabu and M. Nasiruddin Sainu) The objectives of this research are to find out the strategies that are applied by the lecturers in teaching writing at IAIN Palopo and to find out the perception of the students about the strategies that are applied by the lecturers at IAIN Palopo. This research applied qualitative research. This research consisted of lecturers and students that were interviewed. The sample was chosen by purposive sampling technique. The instrument was interview. In collecting data, this research used some procedures namely interview and observation. In the process lecturers and students were interview and then the results were analyzed descriptively. The result of this research showed that every lecturer used different strategy in teaching writing especially teaching descriptive paragraph. Lecturer 1 used the collaborative writing, lecturer 2 used making topic and questions and lecturer 3 used language experience approach in teaching descriptive paragraph. Most of students gave same comment that every strategy was effective for them because by using it they understand and were easy to make descriptive paragraph. Key words: lecturers’ strategies, writing, perception ABSTRAK TRI ENDAR YOGI SETIADI SAPUTRA. 2016 “Strategi Dosen dalam Mengajarkan Kemampuan Menulis: Study Deskriptif tentang Strategi Dosen pada Mahasiswa Semester 5 di IAIN Palopo” (Dibimbing oleh Baso Jabu and M. Nasiruddin Sainu) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi apa yang diterapkan oleh dosen dalam mengajarkan kemampuan menulis pada mahasiswa di IAIN Palopo dan untuk menemukan tentang apa persepsi mahasiswa terhadap strategi yang diterapkan oleh dosen mereka di IAIN Palopo. Penelitian ini menggunakan metode qualitative research. Penelitian ini terdiri dari dosen dan mahasiswa yang diinterview. Sampel pada penelitian ini dipilih melalui purposive sampling technique. Instrumen pada penelitian adalah interview. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa prosedur yaitu interview dan pengamatan. Proses dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara terhadap dosen dan mahasiswa kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiap dosen menggunakan strategi yang berbeda dalam mengajarkan kemampuan menulis, khususnya dalam mengajarkan kemampuan menulis paragraf deskriptif. Dosen 1 menggunakan strategi collaborative writing, dosen 2 menggunakan strategi making topic and question dan dosen 3 menggunakan strategi language experience approach dalam mengajarkan kemampuan menulis paragraf deskriptif. Sebagian besar siswa memberi komentar yang sama bahwa tiap strategi efektif bagi mereka karena melalui strategi tersebut mereka paham dan mudah untuk membuat paragraf deskriptif. Kata Kunci: Strategi Guru, Menulis, Pendapat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:47
Last Modified: 17 Oct 2017 02:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3187

Actions (login required)

View Item View Item