Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Pendekatan Deduktif-Induktif Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial Biasa

Ahmad, Talib (2022) Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Pendekatan Deduktif-Induktif Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial Biasa. Jurnal Sainsmat, 11 (2). pp. 31-45. ISSN 2086-6755

[img] Text
23PEMB~1.PDF

Download (275kB)
[img] Text
23PEMB~1.PDF.pdf - Supplemental Material

Download (320kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Abstract

Penelitian ini menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah (PBL) dengan pendekatan deduktif-induktif pada matakuliah Persamaan Differensial Biasa (PDB). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah yang melibatkan pendekatan berpikir deduktif-induktif mahasiswa, menerapkan bahan ajar PDB yang melibatkan pendekatan berpikir deduktif-induktif mahasiswa, selain itu diharapkan pula dengan bahan ajar ini dapat memaksimalkan pendekatan berpikir deduktif-induktif, dan membantu mahasiswa memperbaiki cara berpikirnya, sesuai dengan karakteristik materi PDB. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, untuk memaksimalkan kemampuan berpikir deduktif-induktif mahasiswa, Sesuai paradigma penelitian tindakan yang berbasis kelas (Class Action Research), maka pelaksanaan penelitian ini meliputi aktivitas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang bersiklus, pelaksanaannya dibagi dalam dua siklus, siklus pertama selama dua bulan atau tujuh kali pertemuan, dan siklus kedua juga selama dua bulan atau tujuh kali pertemuan pada Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017, yang berjumlah 30 mahasiswa, pada Jurusan Matemátika FMIPA UNM Makassar. Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan, bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dengan pendekatan deduktif�induktif cukup banyak membantu mahasiswa, sekalipun pada mulanya mahasiswa masih nampak enggan untuk menerapkan bagaimana alur pikir dalam belajar dan menyelesaikan masalah. Setelah diberikan beberapa penguatan, pada pekan-pekan berikutnya interaksi pembelajaran mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Skenario pembelajaran dan bahan ajar sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan perkuliahan, selaras dengan kecenderungan pendekatan berpikir deduktif-induktif mahasiswa. Pada siklus ke dua, menunjukkan membaiknya interpretasi mahasiswa terhadap masalah-masalah PDB, yang diselesaikan dengan pendekatan deduktif-induktif, mengalami kemajuan, metode menyelesaikan masalah yang dibuat mahasiswa semakin baik, hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat perbaikan prestasi belajar mahasiswa dalam matakuliah PDB, sebanyak 21 mahasiswa memperoleh nilai memuaskan dan sangat memuaskan, sementara nilai yang belum memuaskan hanya sebanyak 9 mahasiswa

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Ahmad Talib
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:04
Last Modified: 27 Jun 2023 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31857

Actions (login required)

View Item View Item