Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Induktif terhadap Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungguminasa (dibimbing oleh Muh Jufri dan Andi Mu’nisa).

NURUL UTAMI, HALIMSYAH (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Induktif terhadap Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungguminasa (dibimbing oleh Muh Jufri dan Andi Mu’nisa). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
NURUL UTAMI HALIMSYAH..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK NURUL UTAMI HALIMSYAH. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Induktif terhadap Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungguminasa (dibimbing oleh Muh Jufri dan Andi Mu’nisa). Model pembelajaran induktif merupakan model pembelajaran yang memiliki tiga tahap yaitu pembentukan konsep, interpretasi data dan aplikasi prinsip. Model induktif ini digunakan untuk mengetahui pengaruhnya dalam berpikir kreatif yang terdiri dari empat indikator yaitu kelancara (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality) dan kerincian (elaboration) serta hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model induktif dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungguminasa, (2) pengaruh penerapan model induktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sungguminasa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA semester genap SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran induktif berpengaruh secara signifikan terhadap berpikir kreatif siswa; (2) Penerapan model pembelajaran induktif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI > B Philosophy (General)
Divisions: ?? sch_bio ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 05:51
Last Modified: 26 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item