Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT)

Ahmad, Talib and Hisyam, Ihsan and Muh., Fairul (2018) Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Imed: Issues in Mathematics Education, 2 (2). pp. 101-106. ISSN 2685-8592

[img] Text
11KOMP~1.PDF

Download (289kB)
[img] Text
11KOMP~1.PDF.pdf - Supplemental Material

Download (335kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9487

Abstract

k. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen Semu (Quasi Experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep matematika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik untuk diterapkan di kelas VIII di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Barru (2) Pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran matematika pada dikelas VIII di salah satu Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Ahmad Talib
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:08
Last Modified: 27 Jun 2023 05:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31787

Actions (login required)

View Item View Item