Desain Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam Perkuliahan Teori Grup

Suradi Tahmir, - and Djam’an, Nurwati (2022) Desain Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam Perkuliahan Teori Grup. In: Seminar nasional lembaga penelitian UNM 2022.

[img] Text
Peer Review_Desain Pembelajaran Think-Pair.pdf

Download (3MB)
[img] Text
garuda3509651.pdf

Download (228kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/39...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam perkulihan teori grup. Desain yang dikembangkan mengacu pada tahapan yang digunakan Frank Lyman, yang diadopsi oleh Ibrahim dalam proses belajar dengan berpikir secara berpasangan. Subyek penelitian adalah mahasiswa matematika Universitas Negeri Makassar semester ganjil tahun akademik 2022/2023 yang mengikuti mata kuliah teori grup. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes yang diikuti wawancara terbuka. Hasil penelitian diperoleh desain TPS dengan tahapan: (1) Persiapan: analisis kurikulum, siswa, dan materi; (2) Pendahuluan: apersepsi, menyampaikan tujuan, dan motivasi; (3) Kegiatan Inti: menyampaian materi, bekerja kelompok (Think-Pair-Share); (4) Penutup: penugasan proyek; dan (5) Evaluasi. Desain pembelajaran TPS tersebut, dapat memfasilitasi aktivitas mahasiswa secara aktif berinteraksi dengan mahasiswa lainnya dalam proses pembelajaran teori grup yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:23
Last Modified: 29 Jun 2023 08:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31717

Actions (login required)

View Item View Item