Kharisma, Dian and Paduppai, Darwing and Djam’an, Nurwati (2019) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, REGULASI DIRI, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 SENGKANG. PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL, REGULASI DIRI, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 SENGKANG, 7 (1). pp. 22-27. ISSN 24770515
Text
Peer Review_Pengaruh Kecerdasan Interpersonal.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Regulasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika.pdf Download (264kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto yang bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran kecerdasan interpersonal siswa; (2) memperoleh gambaran regulasi diri siswa; (3) memperoleh gambaran kemampuan berpikir logis siswa; (4) memperoleh gambaran prestasi belajar matematika siswa; (5) mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal, regulasi diri, dan kemampuan berpikir logis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa; (6) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan memperhatikan regulasi diri dan kemampuan berpikir logisnya; (7) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir logisnya; (8) mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan memperhatikan kecerdasan interpersonal dan regulasi dirinya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sengkang dengan menggunakan sampel penelitian dari kelas XII IPA 2 dan XII IPS 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial (analisis regresi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang memiliki tingkat (1) kecerdasan interpersonal dalam kategori sedang; (2) regulasi diri kategori sedang;(3) kemampuan berpikir logis kategori sedang; (4) prestasi belajar matematika kategori sedang; (5) kecerdasan interpersonal, regulasi diri, dan kemampuan berpikir logis berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (6) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (7) regulasi diri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (8) kemampuan berpikir logis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interpersonal Intelligence, Logical Thinking Ability, Mathematics Learning Achievements, Multiple Intelligence, Self-Regulation. |
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:19 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 06:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31648 |
Actions (login required)
View Item |