Amirullah, Amirullah and Djam’an, Nurwati and Mulbar, Usman (2023) Deskripsi Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient. Deskripsi Kesulitan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient, 7 (1). pp. 81-91. ISSN 26858592
Text
10769-25293-1-SM (2).pdf Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemecahan masalah matematika siswa climbers (AQ tinggi), campers (AQ sedang), dan quitters (AQ rendah). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan angket Adversity Quotient. Dari hasil pengisian angket dilakukan pengkategorian subjek berdasarkan AQ yang dimilikinya. Selanjutnya diberikan tes pemecahan masalah matematika. Setelah melihat hasil tes, dipilih secara purposif tiga subjek yang mewakili siswa climbers (AQ tinggi), campers (AQ sedang), dan quitters (AQ rendah) untuk diwawancarai lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Subjek climbers mengalami lebih sedikit kesulitan dalam memecahkan masalah dibandingkan subjek campers dan subjek quitters. Subjek climbers mengalami dua kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika yaitu kesulitan konsep dan kesulitan operasi. 2) Subjek campers mengalami lebih sedikit kesulitan dalam memecahkan masalah dibandingkan subjek quitters. Subjek campers mengalami tiga kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip, dan kesulitan operasi. 3) Subjek quitters mengalami paling banyak kesulitan dalam memecahkan masalah. Subjek quitters mengalami empat kesulitan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah matematika yaitu kesulitan konsep, kesulitan prinsip, kesulitan operasi, dan kesulitan karena kecerobohan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 05:19 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 12:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31647 |
Actions (login required)
View Item |