Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Self esteem

Djam’an, Nurwati and Arwadi, Fajar and Amini, Nurul (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Self esteem. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Self esteem, 7 (1). pp. 44-53. ISSN 26858592

[img] Text
44646-111581-1-PB (1).pdf

Download (217kB)
Official URL: https://www.ojs.unm.ac.id/imed/article/view/44646/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self esteem. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan jumlah sampel yaitu 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis siswa, angket self esteem, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kategori SER (Self esteem rendah), (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh sebesar 27,3% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kategori SES (Self esteem sedang), dan (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh sebesar 82,8% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kategori SET (Self esteem tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Critical Thinking Skills, Self-Esteem
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:19
Last Modified: 27 Jun 2023 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31646

Actions (login required)

View Item View Item