Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao

Sappaile, Baso Intang and Ba’ra, Yusem and Djam’an, Nurwati and Kadir, Kadir and Darwis, Muhammad (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. pp. 253-266. ISSN 2549-5070

[img] Text
Penerapan_Model_Pembelajaran_Discovery_L (1).pdf

Download (841kB)
[img] Text
Peer Review_Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain 2x2 faktorial. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri di Kota Rantepao, tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas tujuh SMP Negeri Rantepao dan sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah anggota sampel sebanyak 78 siswa. Model pembelajaran sebagai variabel bebas, minat belajar sebagai variabel intervening, dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel respon. Model pembelajaran discovery learning,digunakan pada kelompok perlakuan, dan model pembelajaran langsung digunakan pada kelompok pembanding. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan skala minat belajar dan digunakan ANAVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran dan minat belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, dan (2) model pembelajaran discovery learning lebih baik daripada model pembelajaran langsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, model langsung, minat belajar, hasil belajar matematika siswa
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:18
Last Modified: 27 Jun 2023 13:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31587

Actions (login required)

View Item View Item