Hubungan Asupan Zat Gizi dan Status Gizi Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Pesantren MTS di Kabupaten Buru

Azis, Andi Asmawati and Pagarra, Halifah and Asriani, Asriani (2018) Hubungan Asupan Zat Gizi dan Status Gizi Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Pesantren MTS di Kabupaten Buru. Jurnal IPA Terpadu, 1 (2). pp. 50-56.

[img] Text (Artikel)
15.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/9680...

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui asupan zat gizi dan status gizi siswa dan hubungannya dengan hasil belajar IPA. Pengambilan sampel adalah sampling jenuh yakni 55 responden. Instrumen yang digunakan adalah microtoice, timbangan berat badan, timbangan makanan, kuesioner, kamera dan dokumen. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis korelasi Spearman dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan asupan zat gizi siswa Pesantren MTs di Kabupaten Buru berdasarkan angka kecukupan gizi termasuk dalam kategori defisit dan status gizi siswa termasuk dalam kategori kurus (gizi kurang). Sebanyak 2 siswa (3,64 %) memiliki hasil belajar IPA termasuk dalam klasifikasi sangat kurang, 7 siswa (12,73 %) dalam klasifikasi kurang, 18 siswa (32,73 %) termasuk dalam klasifikasi cukup, 25 siswa (45,45 %) yang termasuk dalam klasifikasi baik dan 3 siswa (5,45 %) yang termasuk dalam klasifikasi baik sekali. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. 0,000 berarti < kriteria signifikansi (0,05), dengan demikian bahwa ada hubungan asupan zat gizi dan status gizi dengan hasil belajar IPA siswa pesantren MTs di Kabupaten Buru.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)

FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 24 Jun 2023 07:59
Last Modified: 24 Jun 2023 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item View Item