PENGARUH PELAKSANAAN PERMAINAN DI LUAR KELAS (OUT BOUND) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 5 KLAMALU DI KABUPATEN SORONG PAPUA BARAT

PADMININGSIH, SRI (2016) PENGARUH PELAKSANAAN PERMAINAN DI LUAR KELAS (OUT BOUND) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 5 KLAMALU DI KABUPATEN SORONG PAPUA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel.docx

Download (43kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaanpermainan di luar kelas pada anak usia dini 2. Mengetahui bagaimana gambaran kemampuan komunikasi pada anak usia dini di 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pelaksanaan permainan di luar kelas terhadap kemampuan komunikasi pada anak usia dini di TK Aisyiyah 5 Klamalu Kabupaten Sorong Papua Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan desain penelitian pre-eksperimental designs. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa untuk kelas B1 dan B2 TK Aisyiyah 5 Klamalu di Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design sehingga dalam menganalisis data sebelum dan sesudah perlakuan outbound menggunakan rumus t hitung. Dalam analisis ini peneliti menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) sebanyak 35 siswa. 5 siswa mengikuti permainan luar kelas dengan sangat baik dan 8 siswa cukup baik. Dari hasil pretest kemampuan berkomunikasi diketahui sebagian besar siswa memiliki kemampuan komunikasi awal yang cukup baik, sebanyak 28 siswa 12 memiliki kemampuan komunikasi awal yang buruk dan 7 siswa memiliki kemampuan komunikasi awal yang baik. Dari hasil posttest kemampuan berkomunikasi diketahui sebagian besar siswa memiliki kemampuan komunikasi akhir (setelah permainan luar kelas) yang baik, sebanyak 27 siswa. Sebanyak 15 memiliki kemampuan komunikasi akhir yang cukup baik dan 5 siswa memiliki kemampuan komunikasi akhir yang sangat baik. Sehingga pengaruh diluar kelas terhadap kemampuan berkomunikasi dengan mengguanakan rumus t hitung dengan menggunakan SPSS didapat bahwa nilai probabilitas (Sig) sebesar 0,000. Nilai probabilitas (0,000) < taraf signifikansi 5% atau 0,05; maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dan hipotesis Ha diterima. Rata-rata postest(6,0532) lebih tinggi dari pada rata-rata pretest (4,7585).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:01
Last Modified: 13 Oct 2017 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3146

Actions (login required)

View Item View Item