Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA

Saenab, Sitti and Yunus, Sitti Rahma and Husain, IHusain (2019) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Biology Science & Education, 8 (1). pp. 29-41. ISSN e-ISSN : 2541 - 1225

[img] Text
Pengaruh penggunaan Model Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA.pdf

Download (642kB)
Official URL: https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/BS/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa pendidikan IPA FMIPA UNM. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One- Shot Case Study. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan IPA yang memprogramkan mata kuliah gerak dan perubahan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan kolaborasi mahasiswa adalah instrumen non tes yang terdiri dari rubrik dan angket. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis data statistik deskriktif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi mahasiswa saat dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning yaitu sebanyak 18 dari 29 mahasiswa berhasil mencapai skor di atas level 1. Sedangkan untuk uji inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)
FMIPA > PENDIDIKAN IPA - (S1)

FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:14
Last Modified: 27 Jun 2023 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item View Item