PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN INTERAKSINYA TERHADAP RESPONS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3MAKASSAR

Sirajuddin, Sirajuddin (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN INTERAKSINYA TERHADAP RESPONS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3MAKASSAR. Masters thesis, universitas negeri makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SIRAJUDDIN.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengaruh model pembelajaran (discovery learning dan koperatif tipe NHT) terhadap respons dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar (ii) pengaruh kecerdasan emosional terhadap respons dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar, (iii) pengaruh interaksi antara kecerdasan emosional dengan model pembelajaran (discovery learning dan koperatif tipe NHT) yang diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 9 kelas homogen dengan jumlah siswa sebanyak 351 orang. Dari kesembilan kelas tersebut dipilih dua kelas sebagai satuan eksperimen untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan metode simple random sampling. Dengan menggunakan metode tersebut maka terpilih kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII9 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas VIII7 yang terpilih sebagai kelas eksperimen 1 diterapkan model pembelajaran discovery learning dan kelas VIII9 sebagai kelas eksperimen 2 diterapkan model pembelajaran koperatif tipe NHT. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bercirikan adanya perlakukan terhadap objek yang akan diteliti. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, angket, tes, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis dengan MANOVA menggunakan program IBM SPSS Amos Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) terdapat pengaruh model pembelajaran (discovery learning dan koperatif tipe NHT) terhadap respons dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar, dalam hal ini respons dan hasil belajar matematematika siswa yang diajar menggunakan model discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model koperatif tipe NHT; (ii) terdapat pengaruh kecerdasan emosional (tinggi dan rendah) terhadap respons siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar, dalam hal ini respons dan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah dan (iii) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional terhadap respons siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar. Kata kunci: pengaruh, model pembelajaran, kecerdasan emosional, prestasi belajar matematik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:50
Last Modified: 13 Oct 2017 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item