PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING (GAME EDUCATION, BRAIN GYM DAN HUMOR)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASAINDONESIA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KOTA MAKASSAR

SITI ROHANA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING (GAME EDUCATION, BRAIN GYM DAN HUMOR)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASAINDONESIA KELAS IV SD NEGERI EMMY SAELAN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (845kB)
[img] Text
ISI DAN LAMPIRAN.docx

Download (5MB)

Abstract

SITI ROHANA, 2017. Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking(Game Education, Brain Gym, dan Humor) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penenelitian ini adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia hal ini mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ada dua yaitu (1) bagaimanakah gambaran teknik ice breaking (game education, brain gym, dan humor) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar; (2) apakah terdapat pengaruh teknik ice breaking(game education, brain gym, dan humor) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar; Sedangkan tujuan adalah untuk mengetahui gambaran serta pengaruh penggunaan teknik ice breaking (game education, brain gym, dan humor) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk men getahui pengaruh penggunaan teknik ice breaking. Sampel penelitian dipilih secara langsung dengan memilih satu kelas (tanpa acak) yaitu kelas IV dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dua sampel dependent (paired sample t-test). Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar pada tes awal (pretest) berada pada kategori cukup, sedangkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar pada akhir pembelajaran (posttest) berada pada kategori baik. Adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada akhir pembelajaran (posttest) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara teknik ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Emmy Saelan Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:36
Last Modified: 22 Jun 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31046

Actions (login required)

View Item View Item