PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 185 MARIO KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE

RAHMAH HATTA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 185 MARIO KECAMATAN LIBURENG KABUPATEN BONE.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (452kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (82kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

Rahmah Hatta, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Murid Dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri 185 Mario Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada murid kelas V SD Negeri 185 Mario Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontekstual pada murid kelas V SD Negeri 185 Mario Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V SDN 185 Mario Kecamatan Libureng Kabupaten Bone yang berjumlah 23 murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid maupun hasil belajar murid. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari setiap siklus dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I masuk pada kategori tidak tuntas, dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid masuk pada kategori tidak tuntas, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rat hasil belajar siswa berada pada kategori Tuntas, dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid masuk pada kategori tuntas. Kesimpulan hasil penelitian yaitu hasil belajar IPA murid meningkat melalui pendekatan kontekstual di kelas V SD Negeri 185 Mario Kecamatan Libureng Kabupaten Bone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:17
Last Modified: 22 Jun 2023 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31035

Actions (login required)

View Item View Item