PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES PERUMNAS I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Haryanti (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES PERUMNAS I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul kedua andi harianti.docx

Download (86kB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru haryanti acc.docx

Download (2MB)

Abstract

Haryanti. 2017. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode mind mapping dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas V SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subyek penelitian 1 guru dan 29 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai pengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Perumnas I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:04
Last Modified: 22 Jun 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31030

Actions (login required)

View Item View Item