Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

ASRIDA (2023) Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
i, ii Hal.Judul FIX.docx

Download (42kB)
[img] Text
iii persetujuan pembimbing.docx

Download (39kB)
[img] Text
iv , v pernyataan keaslian dan moto.docx

Download (20kB)
[img] Text
vi ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
vii - ix PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
x DAFTAR ISIku.docx

Download (21kB)
[img] Text
SKRIPSIKU 1234 A.docx

Download (447kB)
[img] Text
Lampiran 1 P 1 Rpp SI PI - Gabung SIKLUS I.docx

Download (144kB)
[img] Text
lampiran 22 foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (73kB)

Abstract

ASRIDA, 2017. Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Dr. Hj. Rohana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur kegiatan dalam penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan metode discovery dan hasil belajar IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar, yang aktif terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 dan 2 berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 berada pada kategori cukup. Aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan 1 dan 2 berada pada kategori baik. Peningkatan dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan karena telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:42
Last Modified: 22 Jun 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30973

Actions (login required)

View Item View Item