Pembelajaran Efektif: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Lembar Kerjaberbasis Penemuan Terbimbing

Bahri, Arsad and Musmuliadi, Nurazizah and Palennari, Muhiddin (2017) Pembelajaran Efektif: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Lembar Kerjaberbasis Penemuan Terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI,, 20 (2). pp. 73-79. ISSN 2621-6744

[img] Text (Artikel)
4815-11550-1-SM.pdf

Download (485kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/4815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Sinjai kelas XII IPA dimana sampel dipilih secara random sampling. Data dianalisis dengan uji ancova. Hasil analisis pengujian diperoleh signifikansi yaitu 0,008 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penggunaan lembar kerja berbasis penemuan terbimbing perlu memerhatikan karakteristik model penemuan dan kriteria pendekatan saintifik yang dipadukan dengan media pembelajaran yang tepat.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:21
Last Modified: 20 Jun 2023 05:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item