Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Tiga Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Pokok Laju Reaksi

Maghfira, Arifah and Jusniar, Jusniar and Muhammad, Anwar (2022) Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Tiga Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Pokok Laju Reaksi. Chemistry Education Review, 6 (1). pp. 96-109. ISSN 2597-9361

[img] Text (Chemistry Education Review)
20. CER magfirah.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (peer review)
CER MagfiranA.pdf - Supplemental Material

Download (765kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/CER

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes diagnostik tiga tingkat yang valid, konsisten dan praktis dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi pokok laju reaksi. Pengembangan instrumen mengacu pada model Treagust (1988) yang diadaptasi oleh Jusniar dkk (2020) yang terdiri atas tahap analisis proposisi miskonsepsi, tahap pengembangan prototype tes dan tahap uji kualitas instrumen tes. Tahap analisis proposisi miskonsepsi dilakukan dengan mengkaji literatur untuk menganalisis konsep utama dan miskonsepsi pada materi laju reaksi sedangkan tahap pengembangan prototype tes dilakukan dengan menyusun instrumen tes diagnostik tiga tingkat yang disesuaikan dengan analisis proposisi miskonsepsi dan Kurikulum 2013. Tahap uji kualitas instrumen tes dilakukan untuk mengetahui kelayakan instrumen. Instrumen yang digunakan untuk uji kevalidan yaitu lembar validasi instrumen yang diberikan kepada dua orang validator pada uji validitas isi kemudian dilanjutkan dengan uji antar-rater. Instrumen uji validitas empirik dan uji kekonsistenan yaitu tes diagnostik tiga tingkat yang diujikan pada peserta didik kelas XII MIA 1 pada uji coba terbatas. Adapun uji kepraktisan menggunakan angket respon guru dan angket respon peserta didik. Angket respon guru diberikan kepada dua orang guru kimia sedangkan angket respon peserta didik diberikan kepada peserta didik kelas XII MIA 1 yang berjumlah 30 orang dalam uji coba terbatas dan diberikan lagi pada peserta didik kelas XI MIA yang berjumlah 111 orang dalam uji coba lapangan. Hasil uji validitas isi diperoleh nilai rata-rata 3,29 termasuk kategori valid dengan nilai R sebesar 95% pada uji antar-rater dan hasil uji validitas empirik diperoleh nilai rata-rata 0,45 pada tingkat 1 dan 0,43 pada tingkat 2 dengan kategori valid. Hasil uji kekonsistenan atau reliabilitas diperoleh koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,87 pada tingkat 1 dan 0,86 pada tingkat 2, termasuk kategori reliabilitas tinggi. Hasil uji kepraktisan menggunakan angket respon guru diperoleh persentase sebesar 95,83%, hasil angket respon peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 89,17% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba lapangan sebesar 88,63%. Hasil yang diperoleh pada ketiga pengujian kepraktisan tersebut termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil pengujian instrumen tes diagnostik tiga tingkat pada materi laju reaksi diperoleh sebanyak 69,55% peserta didik dengan kategori paham, 27,50% peserta didik dengan kategori kurang paham dan 2,95% peserta didik dengan kategori miskonsepsi.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 00:03
Last Modified: 20 Jun 2023 11:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30484

Actions (login required)

View Item View Item