PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA YANG DIBELAJARKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 MAJENE PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

Asnia, Asnia and Sudding, Sudding and Jusniar, Jusniar (2017) PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA YANG DIBELAJARKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 MAJENE PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Chemistry Education Review, 1 (1). pp. 15-25. ISSN 2597-9361

[img] Text (Chemistry Education Review)
18. CER_Asnia.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (peer review)
Asnia CER.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar antara peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dengan inkuiri terbimbing di SMA Negeri 1 Majene. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Majene. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA semester genap tahun pelajaran 2014/2015, terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar digunakan pemberian angket dan tes hasil belajar di awal dan di akhir pembelajaran. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing sama-sama kategori tinggi yaitu 0,78 dan 0,82, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing sama-sama kategori tinggi yaitu 0,72 dan 0,74, (3) Pengujian hipotesis pertama diperoleh p-value 0,095 > 0,05, (4) Pengujian hipotesis kedua diperoleh p-value 0,545 > 0,05. Pada analisis statistik deskriptif terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dengan inkuiri terbimbing. Sedangkan pada analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan model pembelajaran berbasis masalah dengan inkuiri terbimbing.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 19 Jun 2023 23:23
Last Modified: 21 Jun 2023 09:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30482

Actions (login required)

View Item View Item