Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Kelas X Pada Materi Pokok Reaksi Redoks

Ahmad, Rafidi Sumar and Muharram, Muharram and Jusniar, Jusniar (2022) Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Kelas X Pada Materi Pokok Reaksi Redoks. Jurnal Sainsmat, XI (2). pp. 193-201. ISSN 2579-5686

[img] Text (Jurnal Sainsmat)
5. sainsmat rafidi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (peer review)
sainsmat Rafidi.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Abstract

Penelitian pra eksperimen bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan Model discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Kelas X MIPA 1 studi pada materi pokok reaksi redoks. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Gowa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbasis HOTS dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata gain ternormalisasi 0.71, yang artinya penggunaan model discovery learning efektif dengan kategori tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Gowa pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon satu kelompok diperoleh nilai whitung terendah = 164.5 dan nilai wtabel pada taraf kepercayaan 0,05 sebesar = 151. Ini menunjukkan H0 diterima dan H1 ditolak, yang berarti penggunaan model discovery learning tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X MIPA 1 pada materi reaksi reduksi dan oksidasi

Item Type: Article
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 19 Jun 2023 20:17
Last Modified: 19 Jun 2023 20:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30469

Actions (login required)

View Item View Item