Hendra, Jaya (2022) PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEM DI SMK UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 9 (2). pp. 51-58. ISSN 2356-3958
Text (ARTIKEL_MEKOM_Pelatihan Pengembangan)
37557-92805-1-SM (1).pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (TURNITIN_MEKOM_Pelatihan Pengembangan)
15. TURNITIN_MEKOM_Pelatihan Pengembangan.pdf - Published Version Download (440kB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis STEM dapat memfasilitasi siswa SMK bagaimana mereka dapat belajar secara bermakna. Kegiatan PkM ini dilakukan secara offline dengan metode ceramah, modeling, tanya jawab/diskusi, tugas proyek, dan presentasi. Metode Ceramah: Pembelajaran elektronika dasar dengan pendekatan teori-konseptual STEM. Pemodelan: Mempraktikkan proyek STEM yang dapat dibuat dalam pembelajaran elektronika dasar di SMK. Kegiatan PkM yang diikuti peserta dalam hal ini guru sangat antusias, berjalan lancar, dan dapat eningkatkan pemahaman literasi dan numerasi. Guru SMK dapat menjadikan pembelajaran STEM dalam konteks elektronika dasar sebagai alternatif pembelajaran khususnya mata pelajaran produktif di kelas. Program Kemitraan Masyarakat mampu menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh guru SMK, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk tugas guru dan pengembangan karir (83,33%), Memperoleh tambahan atau pendalaman konsep di bidang kajian dan pengembangan modul (75 %), Strategi atau model yang digunakan dalam kegiatan ini selaras atau sesuai dengan tuntutan/harapan guru (83,33%), guru mampu menerima secara komprehensif dari materi yang telah disampaikan dalam kegiatan (66,67%) , guru mampu memahami STEM secara utuh (80%), Guru mampu menyelenggarakan pembelajaran produktif di sekolah dengan STEM (91,67%), dan kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara berkala (95%).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | Dr. Hendra Jaya |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 11:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 22:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30389 |
Actions (login required)
View Item |