PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKANSOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

WIDYAWATI HERA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKANSOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (80kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (21MB)
[img] Text
SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (591kB)

Abstract

Widyawati Hera. 2017. Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Dr. Suarlin, M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 22 perempuan dan 16 laki-laki pada tahun pelajaran 2016/2017 semester genap dengan mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedang analisis data digunakan analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan siklus II meningkat dikategori baik. Sementara aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat di kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dari siklus I dengan kategori kurang menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:59
Last Modified: 19 Jun 2023 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item