PENGARUH PENERAPAN TEKNIK SKIMMING TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

DASWATI D. (2023) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK SKIMMING TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL PERTAMA.docx

Download (24kB)
[img] Text
2. SAMPUL KEDUA, PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI,PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (90kB)

Abstract

Daswati D. 2017. Pengaruh Penerapan Teknik Skimming Terhadap Hasil Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd., dan Dra. St. Nursiah B, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilakukan di SDN Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan teknik skimming pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV? (2) Bagaimanakah gambaran hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV? (3) Apakah terdapat pengaruh teknik skimming terhadap hasil kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran penerapan teknik skimming pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV; (2) mengetahui gambaran penerapan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV; (3) mengetahui pengaruh teknik skimming terhadap hasil kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design jenis one-group pretest-posttest design. Variabel penelitian ini yaitu variabel bebas (teknik skimming) dan variabel terikat (hasil kemampuan membaca pemahaman). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling . Populasi seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 61 orang dengan sampel yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik skimming dalam pembelajaran membaca pemahaman memungkinkan siswa melakukan aktivitas pembelajaran melalui proses yang tepat dan memudahkan siswa dalam menjelaskan garis besar isi bacaan; (2) hasil kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan; dan (3) berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T menunjukkan adanya pengaruh penerapan teknik skimming terhadap hasil kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:51
Last Modified: 19 Jun 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30324

Actions (login required)

View Item View Item