Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar

MIFTAHUL RESKI. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
1 Sampul 1 (i).docx

Download (35kB)
[img] Text
3 Persetujuan Pembimbing (iii).docx

Download (26kB)
[img] Text
lembar pengesahan ujian hasil.docx

Download (43kB)
[img] Text
4 Pernyataan Keaslian (iv).docx

Download (19kB)
[img] Text
5 Motto (v).docx

Download (19kB)
[img] Text
6 Abstrak (vi).docx

Download (21kB)
[img] Text
7 Prakata (vii-ix).docx

Download (22kB)
[img] Text
8 Daftar isi (x-xi).docx

Download (31kB)
[img] Text
10 Daftar Gambar (xiii).docx

Download (28kB)
[img] Text
9 Daftar Tabel (xii).docx

Download (26kB)
[img] Text
11 Lampiran (xiv-xv).docx

Download (27kB)
[img] Text
12 Isi.docx

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

MIFTAHUL RESKI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan,. S.Pd., M.Pd dan Drs Lutfi B., M.Kes pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan tidak tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori tuntas. Begitu pula dengan hasil siswa, pada siklus I dikategorikan kurang, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal ini terbukti dari nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:14
Last Modified: 19 Jun 2023 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30278

Actions (login required)

View Item View Item