MIFTAHUL RESKI. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
1 Sampul 1 (i).docx Download (35kB) |
|
Text
3 Persetujuan Pembimbing (iii).docx Download (26kB) |
|
Text
lembar pengesahan ujian hasil.docx Download (43kB) |
|
Text
4 Pernyataan Keaslian (iv).docx Download (19kB) |
|
Text
5 Motto (v).docx Download (19kB) |
|
Text
6 Abstrak (vi).docx Download (21kB) |
|
Text
7 Prakata (vii-ix).docx Download (22kB) |
|
Text
8 Daftar isi (x-xi).docx Download (31kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar (xiii).docx Download (28kB) |
|
Text
9 Daftar Tabel (xii).docx Download (26kB) |
|
Text
11 Lampiran (xiv-xv).docx Download (27kB) |
|
Text
12 Isi.docx Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (42kB) |
Abstract
MIFTAHUL RESKI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan,. S.Pd., M.Pd dan Drs Lutfi B., M.Kes pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan tidak tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori tuntas. Begitu pula dengan hasil siswa, pada siklus I dikategorikan kurang, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal ini terbukti dari nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gunungsari 2 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:14 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30278 |
Actions (login required)
View Item |