PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

REZKYWANDI. (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 Sampul (i) - Copy.docx

Download (34kB)
[img] Other
3 persetujuan pembimbing dan pengesahan.bin

Download (39kB)
[img] Text
lembar pengesahan ujian hasil.docx

Download (43kB)
[img] Text
5 Motto (vi).docx

Download (20kB)
[img] Text
4 Pernyataan Keaslian (v).docx

Download (20kB)
[img] Text
6 Abstrak (vii).docx

Download (20kB)
[img] Text
7 Prakata (viii).docx

Download (22kB)
[img] Text
8 Daftar Isi (xi).docx

Download (32kB)
[img] Text
10 Daftar gambar (xii).docx

Download (27kB)
[img] Text
11 Daftar Lampiran (xiii).docx

Download (28kB)
[img] Text
12 Isi.docx

Download (3MB)

Abstract

REZKYWANDI. 2017. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Terpadu Rama Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dibimbing oleh Dr. Hj. Rohana,.M.Pd pembimbing I dan Hikmawati Usman,.S.Pd.,M.Pd pembimbing II. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Terpadu Rama Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Terpadu Rama Kecamatan Panakkukang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan hasil belajar siswa melalui penerapan metode eksperimen di kelas V SD Terpadu Rama Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan hasil belajar IPA dalam menerapkan metode eskperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa SD Terpadu Rama Kecamatan Panakkukang Kota Makassar terdiri 17 orang siswa yakni 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil belajar IPA pada siklus I tidak tuntas, setelah tindakan siklus II terjadi peningkatan yaitu persentase hasil belajar IPA pada siklus II tuntas dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Terpadu Rama Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:04
Last Modified: 19 Jun 2023 01:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30277

Actions (login required)

View Item View Item